Biar Hidup Kita ada Greget


Assalamualaikum gan, gimana punya kabar....moga baik ,segala puji pujian milik Alloh dan sholawat salam tercurah kepada baginda Muhammad SAW,semoga kita tetap senantiasa berada dalam lingkup akhlak beliau....
                Fakta menarik dari kehidupan kita sob,ada begitu banyak fenomena fenomena kecil  dalam keseharian hidup manusia,jalan hidup yg mereka tempuh atau kita tempuh juga kadang sarat dengan ritmik standar,ada juga sih yg acak adut... misal nih ...ada orang yang hidupnya mulai bangun tidur trus makan,maen,makan,trus tidur makan dan tidur lagi,ada juga yang bangun tidur,makan-Cari makan (kerja) ,makan,maen dan tidur lagi...ada juga yang makan kerja  ibadahterus tidur dan kerja lagi......woow...kayaknya menjadi rutinitas yang membosankan ,terlebih lagi buat kita yg gampang bosanan,so...apa sih yg harus kita lakukan kalo menghadapi kebosanan
...kadang ada banyak pelarian pelarian yg aneh karena menghadapi kejemuan dalam hidup,misal nie... mabuk mabuk’an,clubbing ...trus zina bebas...ada juga yg tawuran...katanya biar hidup ada gregetnya....atau minimal nonton di bioskop bagi mereka yg mencari aman buat hiburan,tapi secara tidak kita sadari kita sudah banyak menghabiskan waktu yg sudah jelas jelas tiada artinya jika hidup kita Cuma buat makan and hura hura...selebihnya cari modal buat hura hura lagi (kerja).
                Siklus kehidupan yg menyita waktu membuat kita tidak secara langsung kalo hidup kita sebenarnya hanya untuk mati,atau paling tidak mengantri jatah kematian,nah...kalau hanya kematian saja,terus buat apa hidup? So jika kematian adalah sebuah perenungan,..maka patut di renungi ada apa di balik kematian,nah...di sini islam menjawab apa yg akan terjadi setelah kematian... bahwasanya manusia akan di bangkitkan setelah kematian,di situ banyak proses yg akan terrjadi,di mulai dari pengumpulan manusia di padang Mahsyar,dan penimbangan amal kebaikan serta di tempatkan di manakah ...surga atau neraka,jika seperti itu yg terjadi maka jelaslah buat apa hidup kita...yaitu mengabdi kepada sang pencipta  ALLOH SWT,dimana kita di anjurkan untuk beribadah secar a ritual seperti (sholat,puasa,haji) dan non ritual (zkat ,sedekah dan berbuat baik) oleh karena itu ada beberapa tips agar hidup kita gak gitu gitu aja,dalam nyanyian islam di jawa terkenal sebuah nyanyian atau syair Tomb Ati  (Obat Hati ) begini liriknya :
Obat hati ...ada lima macamnya
Yang pertama baca qur’an dn maknanya :mengandung artian bacalah Qur’an..maka Alloh akan memberikan ketentrman hati,sehingga kita tidak mudah Stressing menghadapi hidup..
Yang kedua Sholat malam dirikanlah : mengarahkan kepad a kita Bhwasanya sholat malam tpatnya di sepertiga akhir malam membuat hati kita tentram,di sebagian riwayat bahwasanya ALLOH SWT turun pada sepertiga Malam terakhir untuk mengabulkan dan menjawab do’a hambanya yg sedang meminta di sepertiga Malam tersebut,maka cukup jelaslah ketentraman hati di perolehnya.
Yang ke tiga : berkumpullah dengan orang orang sholih....
Kadang kebaikan jika di lakukan sendiri akan terasa berat,tapi jika banyak temanya ,maka akan mudah dan ringan,begitu juga tatkala kita berkumpul dengan orang2 yg di jalan kebaikan,maka kita semakin mudah untuk berbuat baik dan hati kita di sibukkan dengan kebaikan2.
Yangg ke empat : menahan lapar dengan berpuasa.. inilah yang melatih kita agar tidak rakus dengan dunia dan menjadikan hati kita terorientasi kepada akhirat,tidak hanya berambisi pada dunia saja.
Yang ke lima : dzikir malam perpanjanglah...inilah sarana mendekatkan diri kepada Alloh dalam keheningan hati ,sehingga kita selalu merasa terhubung dan di awasi oleh ALLOH  SWT.

0 komentar:

Blog Archive

IANC

http://www.youtube.com/watch?v=7I49D9PLLug

Statistik

Ayo Ngobrol